Kasih Ibu Kepada Beta


Di halaman salah satu museum yang cukup terkenal di Jakarta, aku berteduh dari sengatan sinar matahari dibawah pohon rindang. Siang itu banyak orang lalu lalang. Sedikit tidak biasa buatku karena memang jarang pergi ketempat ini sendiri. Biasanya aku kesini beramai-ramai, jadi aku sibuk bercengkerama dengan teman. Hari ini aku duduk sendiri. Aku punya banyak waktu untuk memperhatikan sekitarku. Seteguk air mineral pelepas dahaga melewati kerongkongan. Air keringat terakhir baru saja aku usap. Tidak begitu jauh dari tempat aku duduk berteduh ada pemandangan yang menarik. Seorang ibu yang dengan setia menemani sang anak perempuan jalan-jalan. Baru saja sang ibu selesai menyuapi sang anak. Selanjutnya membersihkan wajah dan merapikan tatanan rambut sang anak perempuan.

kasih ibu


ibuku kebanggaanku
memberi perhatian tak kenal waktu
panas terik bukan penghalang bagimu
kasih sayangmu selalu kau berikan untukku

Tidak banyak orang tua saat sekarang yang memanfaatkan waktu libur dengan mengajak anaknya jalan-jalan ke museum atau kebun binatang. Museum dan kebun binatang sudah tidak lagi menarik bagi sebagian orang. Di mall-mall sekarang banyak menawarkan wahana permainan yang jauh lebih menarik. Orang tua sekarang memanfaatkan waktu liburan keluarga memang untuk mencari kesenangan, pun dulu. Tapi mungkin aku lupa bahwa, faktanya definisi mencari kesenangan buat masing-masing orang itu berbeda.

Museum-museum di Jakarta sudah banyak berbenah beberapa tahun ini. Museum Bank Indonesia misalnya, museum ini melakukan renovasi besar-besaran. Dari mulai bangunannya, berlanjut ke dekorasi dan display koleksinya. Tempat yang bersih serta keramahan penjaga museum membuat pengunjung betah memasuki museum ini. Tidak hanya museum ini, beberapa museum lain juga berbenah. Aku bisa berkata demikian karena aku beberapa kali mengunjungi museum-museum berbeda diseputar Jakarta.

Semakin berkembangnya teknologi dengan kemudahan mendapatkan informasi, banyak yang membekali anaknya dengan gadget. Gadget ini tujuannya untuk digunakan anak-anak tersebut mengakses informasi selain juga bermain game. Tapi entah aku tidak tahu apakah mereka dalam hal ini sang anak benar-benar mencari dan mendapatkan informasi. Berbeda dengan saat gadget belum begitu populer buat anak kecil. Sekarang, kita dengan mudah mendapati toko-toko penjual gadget tersebut.

Jaman memang berubah, semoga keberadaan museum-museum ini tidak tergusur dengan pusat-pusat perbelanjaan yang saat ini marak dibangun pemerintah kota. Jangan sampai anak-anak jaman sekarang miskin pengetahuan dan lebih suka bersenang-senang.